Sudah tidak asing lagi bagi kita tentang chating di internet. Mengobrol lewat internet itu
memang asyik dan menyenangkan sehingga tak jarang seseorang yang pergi ke warung internet
hanya untuk chating saja sampai berjam-jam. Dengan chating lewat internet anda bisa
mendapatkan banyak teman dari penjuru dunia. Hal keamanan merupakan faktor penting bagi
kita dalam berbagi informasi. Misalnya, jika bos kita ingin mendengar laporan kerja karyawan,
maka jika kita memberitahu dengan SMS lewat ICQ, email dan sebagainya serasa tidak efektif
bila kita menginginkan komunikasi dua arah yang saling bertemu dan menjamin keamanan
tinggi sehingga menciptakan suasana yang akrab dan nyaman.
Dalam hal ini anda bisa memakai program chating mIRC32, ICQ, dan sebagainya yang sudah
disediakan oleh warung internet. Apakah orang lain yang tidak diinginkan bisa menyusup dan
mengambil data kita?, tentu saja bisa. Sebab kebanyakan program chating justru memilih dari
segi kegunaan yang umum. Nah, sekarang kita akan mencoba membuat program chating yang
sangat berguna dan meningkatkan keamanan data sehingga mengurangi orang yang tidak
diinginkan masuk ke dalam forum kita dan ‘mencuri’ data kita.
Hal yang menarik disini adalah kita akan membuat sendiri program chating ini. Dalam hal
permrograman ini saya menggunakan bahasa java yang sudah kita kenal selama beberapa tahun
ini. Java adalah bahasa yang handal, mudah dipelajari bagi pengguna C++, rumus umum dasar
java menyerupai C++ dan ada juga yang tidak mirip, tetapi java lebih mengkhususkan diri
untuk full obyek.
Begini ceritanya, masing-masing server dan client akan menjalankan dua program. Lho kok dua
program?, karena saya akan menyajikan program yang mengirim data (tulisan) dari server ke
klien dan dari klien ke server. Jadi disini anda akan dihadapkan pada bagaimana menyatukan
dua program pada masing-masing computer sehingga masing-masing computer hanya
menjalankan satu program saja. Lebih efektif bukan?, untuk itulah anda bisa memilih dan
1
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus
atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap
dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin
terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
memodifikasi port, kemananan dan sebagainya secara acak dari kedua program berikut yang
menurut anda memiliki kehandalan.
2
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Listing programnya sebagai berikut :
1. Server mengirim data ke Client
// program server: simpan dalam ServerKu1.java
// kompile menjadi ServerKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
ServerSocket ss = new ServerSocket(2002);
System.out.println("Menunggu Klien...");
Socket s = ss.accept();
System.out.println("Klien telah masuk");
System.out.println("Server pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : " + s.getLocalPort());
System.out.println("Client pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : " + s.getPort());
PrintWriter pw = new PrintWriter(s.getOutputStream(), true);
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String greeting = "";
while(!(greeting=br.readLine()).equals("")) { pw.println(greeting); }
pw.close(); s.close(); ss.close();
} catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}
3
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program klien : Simpan dalam ClientKu1.java
// kompile menjadi ClientKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
Socket s = new Socket("127.0.0.1",2002);
System.out.println("Komunikasi terhubung");
System.out.println("Client pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getLocalPort());
System.out.println("Server pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getPort());
BufferedReader br = new BufferedReader( new InputStreamReader(s.getInputStream()));
System.out.println("Menunggu pesan...");
String greeting = "";
while ((greeting=br.readLine())!=null) { System.out.println(greeting); }
System.out.println("Selesai");
br.close();
s.close();
}
catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}
2. Client mengirim data ke Server
4
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program server : Simpan dalam ServerKu2.java
// kompile menjadi ServerKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu2 {
public static void main(String args[]) {
int port;
ServerSocket server_socket;
BufferedReader input;
try {
port = Integer.parseInt(args[0]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("port = 2000 (Standarnya)");
port = 2000;
}
try {
server_socket = new ServerSocket(port);
System.out.println("Server menunggu klien di port " +
server_socket.getLocalPort());
// server mondar-mandir disini
while(true) {
Socket socket = server_socket.accept();
System.out.println("Hubungan baru diterima " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(socket.getInputStream()));
// menampilakan data yang diterima
try {
while(true) {
String message = input.readLine();
if (message==null) break;
System.out.println(message);
}
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
// Client menutup hubungan
try {
socket.close();
System.out.println("Client telah menutup hubungan");
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
5
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
6
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program client : Simpan dalam ClientKu2.java
// kompile menjadi ClientKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu2 {
public static void main(String[] args) {
int port = 2002;
String server = "localhost";
Socket socket = null;
String lineToBeSent;
BufferedReader input;
PrintWriter output;
int ERROR = 1;
// read arguments
if(args.length == 2) {
server = args[0];
try {
port = Integer.parseInt(args[1]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("server port = 1500 (Standarnya)");
port = 2002;
}
}
// Koneksi ke server
try {
socket = new Socket(server, port);
System.out.println("Terkoneksi ke server " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
}
catch (UnknownHostException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
try {
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
output = new PrintWriter(socket.getOutputStream(),true);
7
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
1. Kompile ServerKu1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1
Output :
2. Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1
Output :
8
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Setelah ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela
Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi, anda bisa
menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.
Client ke Server
1. Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output :
9
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
2. Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output :
Setelah ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan
bagi anda untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.
10
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
memang asyik dan menyenangkan sehingga tak jarang seseorang yang pergi ke warung internet
hanya untuk chating saja sampai berjam-jam. Dengan chating lewat internet anda bisa
mendapatkan banyak teman dari penjuru dunia. Hal keamanan merupakan faktor penting bagi
kita dalam berbagi informasi. Misalnya, jika bos kita ingin mendengar laporan kerja karyawan,
maka jika kita memberitahu dengan SMS lewat ICQ, email dan sebagainya serasa tidak efektif
bila kita menginginkan komunikasi dua arah yang saling bertemu dan menjamin keamanan
tinggi sehingga menciptakan suasana yang akrab dan nyaman.
Dalam hal ini anda bisa memakai program chating mIRC32, ICQ, dan sebagainya yang sudah
disediakan oleh warung internet. Apakah orang lain yang tidak diinginkan bisa menyusup dan
mengambil data kita?, tentu saja bisa. Sebab kebanyakan program chating justru memilih dari
segi kegunaan yang umum. Nah, sekarang kita akan mencoba membuat program chating yang
sangat berguna dan meningkatkan keamanan data sehingga mengurangi orang yang tidak
diinginkan masuk ke dalam forum kita dan ‘mencuri’ data kita.
Hal yang menarik disini adalah kita akan membuat sendiri program chating ini. Dalam hal
permrograman ini saya menggunakan bahasa java yang sudah kita kenal selama beberapa tahun
ini. Java adalah bahasa yang handal, mudah dipelajari bagi pengguna C++, rumus umum dasar
java menyerupai C++ dan ada juga yang tidak mirip, tetapi java lebih mengkhususkan diri
untuk full obyek.
Begini ceritanya, masing-masing server dan client akan menjalankan dua program. Lho kok dua
program?, karena saya akan menyajikan program yang mengirim data (tulisan) dari server ke
klien dan dari klien ke server. Jadi disini anda akan dihadapkan pada bagaimana menyatukan
dua program pada masing-masing computer sehingga masing-masing computer hanya
menjalankan satu program saja. Lebih efektif bukan?, untuk itulah anda bisa memilih dan
1
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus
atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap
dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin
terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
memodifikasi port, kemananan dan sebagainya secara acak dari kedua program berikut yang
menurut anda memiliki kehandalan.
2
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Listing programnya sebagai berikut :
1. Server mengirim data ke Client
// program server: simpan dalam ServerKu1.java
// kompile menjadi ServerKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
ServerSocket ss = new ServerSocket(2002);
System.out.println("Menunggu Klien...");
Socket s = ss.accept();
System.out.println("Klien telah masuk");
System.out.println("Server pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : " + s.getLocalPort());
System.out.println("Client pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : " + s.getPort());
PrintWriter pw = new PrintWriter(s.getOutputStream(), true);
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String greeting = "";
while(!(greeting=br.readLine()).equals("")) { pw.println(greeting); }
pw.close(); s.close(); ss.close();
} catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}
3
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program klien : Simpan dalam ClientKu1.java
// kompile menjadi ClientKu1.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu1 {
public static void main(String[] args) {
try {
Socket s = new Socket("127.0.0.1",2002);
System.out.println("Komunikasi terhubung");
System.out.println("Client pada port = "+
s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getLocalPort());
System.out.println("Server pada port = "+
s.getInetAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getPort());
BufferedReader br = new BufferedReader( new InputStreamReader(s.getInputStream()));
System.out.println("Menunggu pesan...");
String greeting = "";
while ((greeting=br.readLine())!=null) { System.out.println(greeting); }
System.out.println("Selesai");
br.close();
s.close();
}
catch (Exception e) { e.printStackTrace(); }
}
}
2. Client mengirim data ke Server
4
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program server : Simpan dalam ServerKu2.java
// kompile menjadi ServerKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ServerKu2 {
public static void main(String args[]) {
int port;
ServerSocket server_socket;
BufferedReader input;
try {
port = Integer.parseInt(args[0]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("port = 2000 (Standarnya)");
port = 2000;
}
try {
server_socket = new ServerSocket(port);
System.out.println("Server menunggu klien di port " +
server_socket.getLocalPort());
// server mondar-mandir disini
while(true) {
Socket socket = server_socket.accept();
System.out.println("Hubungan baru diterima " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(socket.getInputStream()));
// menampilakan data yang diterima
try {
while(true) {
String message = input.readLine();
if (message==null) break;
System.out.println(message);
}
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
// Client menutup hubungan
try {
socket.close();
System.out.println("Client telah menutup hubungan");
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
5
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
6
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
// program client : Simpan dalam ClientKu2.java
// kompile menjadi ClientKu2.class
import java.net.*;
import java.io.*;
public class ClientKu2 {
public static void main(String[] args) {
int port = 2002;
String server = "localhost";
Socket socket = null;
String lineToBeSent;
BufferedReader input;
PrintWriter output;
int ERROR = 1;
// read arguments
if(args.length == 2) {
server = args[0];
try {
port = Integer.parseInt(args[1]);
}
catch (Exception e) {
System.out.println("server port = 1500 (Standarnya)");
port = 2002;
}
}
// Koneksi ke server
try {
socket = new Socket(server, port);
System.out.println("Terkoneksi ke server " +
socket.getInetAddress() +
":" + socket.getPort());
}
catch (UnknownHostException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
System.exit(ERROR);
}
try {
input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
output = new PrintWriter(socket.getOutputStream(),true);
7
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
1. Kompile ServerKu1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1
Output :
2. Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1
Output :
8
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Setelah ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela
Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi, anda bisa
menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.
Client ke Server
1. Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output :
9
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
2. Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output :
Setelah ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan
bagi anda untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.
10
Artikel Populer IlmuKomputer.Com
Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar